Jaga-jaga, Maling Sekitar Kita!!

huaaaa....sore ini gak ada kuliah eldig dan sore besok dijam yg sama (tidak ada juga), waktunya bs ku luangkan nulis blog ini, sore ini aku angkat topik tentang MALING!!.
Mungkin sekarang sudah jaman Individualisasi, yang artinya kita berusaha hidup sendiri tanpa kita perhatikan kondisi sekitarr...
Disekitar kos/kampus sudah banyak kejadian kemalingan, yg terbaru tuh hr jumat, lokasi dekat kampus, ada kosan yg hampir smua pintu kamar rusak akibat digedor si-maling..terjadi sekitar jam 10-11 pagi, (wah, aku jg nyangka ternyata maling dikosan tidak pandang waktu, ada kesempatan, pasti disitu dimanfaatkan).
Berikut ada tips untuk tidak mengundang si-"maling" di kos-kosan, (mungkin pembaca juga sudah tahu):
1. Jangan ngelurin HP sewaktu dijalan mau kekosan (kalau memang tidak perlu). Usahakan keluarin HP mu liat kondisi sekitar dulu. Dikarenakan si-maling akan melihat jenis HP mu(mahal ato tidak), kemudian bisa jadi kamu jadi target dia.


2. Berpakaianlah apa adanya kekampus. Ga usah terlalu berlebihan/menor, tahu juga yg cantik bakalan kelihatan cantik dan tampan akan kelihatan tampan juga tanpa hrs memakai yg mewah-mewah..(be yourself).

3. Bertutur kata yang sopan. Yahh..biarpun kamu gak kenal dekat sm org lain, berusahalah bertutur kata yg sopan. Supaya org lain pun melakukannya kembali pada diri kita. (.. teman-teman kampus ku yg selama ini kujumpai, banyak bertingkah seperti "anak-anak" padahal sudah "dewasa", agak miris melihat tingkat mereka..)

4. Pilih Kosan yang aman. Memang kita ga bisa menjamin keamanan di kosan, biarpun kosan kita yg notabene ada "satpam", itu tidak menjamin keamanan kok, semua tempat pasti jadi incaran simaling...saran sy sih cari kosan yang agak ramai, minimal 1 rumah ada 5 kamar...kemungkinan aman ya..






5. Kenali Tetangga Kamar Kos. Usahakan kamu kenal dengan tetangga kamarmu dikosan, jangan saling cuek..pernah tuh kejadian, ada teman yg gak kenal siapa aja tetangga kamarnya (hahaha, kocak aku dengar nya)...usahakan setidaknya kenal namanya saja,....

6. Jangan Sering Keluar Malam. Kebanyakan, maling mungkin mengikuti target di waktu malam (karena kondisi sepi). Usahakan dirimu jangan sering keluar malam (malam itu jam brp?? yg sekitar pukul 11 keatas lah) untuk urusan yg mungkin gak perlu-perlu banget, dan mungkin kita juga bisa melakukan dipagi harinya, gak mesti malam hari kok...

7. Jaga kesehatan dan Latih Bela diri. Tetap jaga kesehatan, supaya aktifitas kuliah berjalan lancar dan bermanfaat. Latih juga kemampuan dalam bidang bidang bela diri (ga mesti ikut karate/judo), yg penting supaya menjaga kesehatan kita, misal latihan lari cepat (suapaya misalnya kalo kita mau dijambret, bisa lari kencang..hehehehehe..).

ok..sekian tipsnya, semoga bermanfaat.....yang paling penting jaga diri sendiri dan peduli kondisi sekitar...

0 comment:

Posting Komentar